Minggu, 13 September 2020

Analisa Runtun Waktu dengan Eviews

 


A. PENGENALAN EVIEWS

EViews adalah program komputer yang digunakan untuk mengolah data statistik dan data ekonometri. Program ini tersedia dalam versi MS Windows dan Macintosh. EViews merupakan kelanjutan dari MicroTSP, yang dikeluarkan pada tahun 1981. Aplikasi EViews dibuat pertama kali oleh Quantitative Micro Software (QMS) yang berada di Irvine, California, Amerika Serikat. EViews terbaru sudah sampai ke versi 9.5. EViews dapat didownload di situs resminya http://eviews.com dalam bentuk komersial maupun versi akademik. Versi akademik harganya lebih murah, namun ada batasannya yaitu hanya mampu 1.000 observasi untuk satu data timeseries, dan 10.000 data untuk keseluruhannya. Ada juga beberapa analisis yang tidak tersedia di versi akademiknya, antara lain ARCH, FIML, GMM, SURE, TSLS, dan pengolahan dengan cara batch tidak tersedia di versi ini. EViews dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang berbentuk time-series, cross section, maupun data panel (Kozhan, 2010) EViews merupakan alat statistik dan ekonometrik yang membantu pengguna software ini untuk membuat pemodelan dengan tiga cara, yaitu mengunakan main menu bar, command windows, object windows atau work area. Eviews memberikan kemudahan untuk memberikan informasi bagi pengguna untuk dapat melakukan analisis statistik, memberikan forecasting, model simulasi, serta memberikan kemudahan untuk membuat tabel dan grafik yang sering digunakan dalam publikasi karya ilmiah dan publikasi hasil estimasi para ekonom.

B. JENIS DATA 

Sebelum melakukan penelitian kuantitatif, perlu diketahui jenis data apa yang akan digunakan. Jenis data dikelompokan menjadi tiga, yaitu data seksi silang (cross section), data runtut waktu (time series), dan data panel (pool data). 

1. Data Seksi Silang (Cross Section) Secara sederhana konsep data cross section adalah data yang memiliki objek yang banyak pada tahun yang sama atau data yang dikumpulkan dalam satu waktu terhadap banyak objek. Pengertian objek di sini dapat macam-macam dan berupa banyak hal seperti misalnya individu/orang, perusahaan, bank, daerah (kabupaten dan kota), dan bahkan negara.

silakan download buku berikut di sini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar