Senin, 05 Maret 2018

Pendampingan ke PT Air Mancur


Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK ) Sinar Nusantara (SiNus) menyelenggarakan outing class berupa kunjungan ke PT Air Mancur, Palur, Karanganyar. Pada tanggal 9-10 Januari 2018.
Kegiatan outing class ini diadakan dalam rangka memberikan pengenalan dan pelajaran lebih dalam kepada mahasiswa tentang dunia kerja dan kewirausahaan, juga mengetahui lebih dalam tentang proses  produksi, serta memberikan wawasan lebih luas kepada mahasiswa tentang dunia industri.
Kunjungan kerja ini diikuti oleh total 229 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 sesi kunjungan. Bersama dengan dosen pengampu matakuliah dan 2 orang dosen pendamping, sebanyak 143 mahasiswa melakukan pada kunjungan tanggal 9 Januari 2018 dan 86 mahasiswa pada kunjungan tanggal 10 Januari 2018.
Sesi kunjungan pertama yaitu tanggal 9 Januari 2018 untuk mahasiswa yang mengikuti matakuliah Enterprise Resource Planning (ERP) dengan dosen pengampu Setyowati, M.Kom., sedangkan kunjungan sesi ke-2 pada tanggal 10 Januari 2018 untuk mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Tata Kelola dan Audit Sistem Informasi yang diampu oleh Sri Harjanto, M.Kom. Dosen pendamping yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Retno Tri Vulandari dan Arie Febrianto.
Dalam kegiatan ini para dosen pengampu mata kuliah menekankan kepada seluruh peserta mengenai  arti penting kegiatan ini dalam melihat penerapan atau aplikasi dari Enterprises Resource Planning di PT Air Mancur dan juga penerapan atau aplikasi Tata Kelola dan Audit Sistem di PT Air Mancur.

Peserta kegiatan diterima dan mendapat sambutan dari pihak PT Air Mancur  yang disampaikan oleh Eko Susanto, Ranto Sedjati dari Divisi IT dan Network, Slamet dan Tarji dari Divisi General Affair. 
Selain itu kegiatan outing class ini mendapat apresiasi positif dari pihak PT Air Mancur. Dari instansi ini menekankan pentingnya mahasiswa ketika lulus menjadi sarjana bukan hanya sekedar memiliki ijazah saja tetapi memiliki sertifikat kompetensi sebagai hal utama untuk kompetitif di dalam lapangan pekerjaan yang semakin kompetitif terutama dengan telah diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN sehingga antar tenaga kerja sesama negara anggota ASEAN dapat bekerja bebas dimasing-masing negara anggota ASEAN dimana dalam hal kompetensi tenaga kerja asal Indonesia belum semuanya memiliki kompetensi. Hal ini yang harus diperhatikan agar jangan sampai tenaga kerja Indonesia jadi tamu di negara sendiri kalah oleh tenaga kerja asing.

Sekilas tentang PT Air Mancur.
PT Air Mancur didirikan oleh tiga orang sahabat adalah Lambertus Wonosantoso, Rudy Hindrotanojo dan Kimun Ongkosandjojo. Ketiga orang sahabat itu awalnya bergabung untuk meramu obat-obatan tradisional, diramu di industri rumah tangga sederhana di daerah Pucang sawit Surakarta.  Kemudian hasil ramuan obat tradisional mereka dijual ke Jakarta. Awalnya memiliki 11 pekerja. PT Air Mancur berdiri pada tanggal 23 Desember 1963 yaitu mulai operasi membuat dan mendistribusikan jamu setelah sebelumnya mulai berdiri pada tanggal 23 Maret 1963. Setelah berdiri selama 54 tahun ini kini PT Air Mancur memiliki 1800 karyawan. Sementara lokasi perusahaan awalnya di daerah Pucang Sawit Jebres Surakarta kemudian sekarang memiliki tiga lokasi pabrik juga sekalian berfungsi di kantor yaitu di Wonogiri untuk memproduksi minuman kesehatan, di Jetis Karanganyar memproduksi Kosmetik dan di Palur Jaten Karanganyar sebagai kantor pusat operasional dan memproduksi obat-obatan herbal/jamu. Hasil produksi dari air mancur berupa obat-obatan herbal/jamu, kosmetik, dan minuman kesehatan yang hasilnya dipasarkan di dalam negeri dan juga di ekspor ke berbagai negara /wilayah yaitu Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Taiwan, Hongkong, KawasanTimur Tengah dan Kawasan Afrika.
Visi  PT Air Mancur adalah Menjadi pemimpin dalam industri obat-obatan herbal. Misi dari PT Air Mancur adalah MengembangkanProduk herbal yang Superior, Membangun kekuatan kompetensi dari hulu ke hilir, Mencapai pertumbuhan bisnis di atas rata-rata industry dan berkesinambungan untuk memaksimalkan nilai bagi pemegang saham dan karyawan, Membangun sinergi jangka panjang dengan supplier, rekan bisnis dan para stake holder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar